Top 10 vitamin binaragawan

Topik yang paling sering membingungkan para atlit adalah tentang suplemen. Apa sebaiknya yang harus dibeli. Berapa banyakah yang harus dikonsumsi, kapan sebaiknya dikonsumsi?, dll. Rasanya malah membuat frustasi, seolah terjebak dalam hutan belantara informasi, sehingga sampai lupa akan tujuan suplemen sebenarnya. Mengabaikan apa yang sebenarnya membuat seseorang sukses dalam binaraga.

Vitamin terbagi 2 macam : yaitu yang larut dalam lemak (A,D,E,K) dan larut dalam air (B dan C) ADEK biasanya disimpan dalam lemak tubuh dan tak perlu dipasok dari luar setiap hari. Karena tersimpan dalam tubuh. Jika overdosis, malah dapat menjadi racun bagi tubuh. Vitamin B dan C sulit masuk kelemak tubuh, jadi kelebihannya akan dibuang dari urine. Sehingga tidak ada isi racun pada B dan C. Karenanya B dan C baiknya dipasok tiap hari dari luar, berikut kenali lebih dalam mengenai jenis-jenis vitamin bagi fitnesmania diantaranya :

–          COBALAMIN / VIT.B12

Funginya banyak tetapi  yang berkaitan langsung dengan binaraga adalah metabolisme karbohidrat dan maintenance sistem syaraf (dari otak ke otot). Vit.B12 terkandung dalam makanan turunan hewan, jadi para vegetarian jelas kekurangan B12.

–           BIOTIN

Berperan penting pada metabolisme asam amino dan produksi energi.

–          RIBOFLAVIN / VIT.B2

Terlibat pada poduksi energi di 3 wilayah : Metabolisme Glukosa, Oksidasi Lemak, dan manipulasi ion hidrogen via Krebs cycle. Dan juga ada kaitannya dengan metabolisme protein. Dan suplement Vit.B2 meningkatkan reaksi otot saat bermanuver dalam olahraga.

–          VITAMIN A

Semua orang tahu vitamin A berkaitan dengan mata. Dan untuk binaraga vitamin A erat kaitannya dengan sintesa protein, kunci utama pembentukan otot.

–          Vitamin E

Antioksidan yang ampuh (melindungi sel membran), antioksidan menurunkan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menghambat proses yang terjadi di dalam sel, termasuk pembentukann otot pasca fitness.

–          Niacin / Vit.b3

Punya peran 60% pada proses metabolik ( produksi energi), berperan penting menyediakan energi latihan.

–           Vitamin D

Berperan penting dalam penyerapan kalsium dan phosphrus. Kalsium penting untuk kontraksi otot dan kepadatan tulang. Minumlah 1 gelas susu low-fat per hari.

  • Thiamine / Vit.B1

Dipakai untuk menabah masa otot karena ia dibutuhkan pada metabolisme protein dan pertumbuhan.

–           Pyridoxine / Vit. B6

Lagi-lagi metabolisme pertumbuhan, pertumbuhan dan pengolahan karbohidrat dalam tubuh, semuanya dimungkinkan berkat Vit. B6. (semakin besar protein yang Anda Makan, semakin besar kebutuhan vit.B6).

–          Ascorbic Acid / Vit.C

Adalah antioksidan, melindungi sel dari radikal bebas sehingga sel bebas melakukan tugasnya ( pemulihan atau pertumbuhan otot).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *