Tips Jitu Mencegah Cedera Saat Berolahraga

Tips Jitu Mencegah Cedera Saat Berolahraga

Tips Jitu Mencegah Cedera Saat Berolahraga

Semua olahraga memang sangat menyenangkan dan membuat tubuh kita menajadi sehat jika kita melakukan nya dengan hati – hati dan focus, mungkin banyak dari kalian pernah mengalami cedera saat berolahraga. Nah guys kita punya beberapa tips untuk mencegah cedera saat olahraga

  • Lakukan pemanasan dan pendinginan

Pemanasan saat berolahraga sangat lah penting ini justru awal supaya badan kalian tidak sakit setelah melakukan olahraga, contoh pemanasan yang sederhana adalah memutarkan pergelangan kaki. Kemudian, lakukan jalan cepat selama lima sampai 10 menit. Setelah selesai, jangan lupa melakukan pendinginan untuk menormalkan kembali otot dan tubuh Anda.

  • Pilih jenis olahraga yang tepat

Salah satu cara terbaik untuk menghindari cedera adalah mengetahui kondisi tubuh Anda. Usia pun bahkan ikut menjadi pertimbangan untuk menentukan olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda. Pilihlah olahraga yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi badan anda.

  • Gunakan peralatan dengan benar

Pada dasarnya semua peralatan olahraga berbeda – beda pilihla peralatan olahraga yang tepat contoh seperti meski sama-sama main bola, sepatu bola dan sepatu futsal memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda. Beda jenis larinya pun, jenis sepatu lari yang dipakai berbeda. Jika Anda berniat angkat besi untuk pertama kalinya, ukur dulu berapa berapa berat beban yang ideal agar tidak menyebabkan cedera.

  • Jangan berlebihan

Ini poin penting dalam berolahraga jika kalian hoby berolahraga dan ingin terlihat dengan hasil yang cepat jangan terlalu memaksakan tubuh anda untuk terlalu berolahraga. Ingat semua butuh proses untuk melihat hasil yang maksimal. Saat melakukan olahraga, tubuh Anda perlu beristirahat. Begitu juga dengan pengaturan waktu Anda berolahraga; seberapa intens dan berapa lama durasinya. Tubuh Anda sudah bekerja setiap hari, ada baiknya bila rutinitas olahraga Anda divariasikan. Atur jadwal yang tepat untuk berolahraga.

  • Mendapat bimbingan dari ahli nya

Kalau kita baru memulai melakukan latihan pastikan kalian ada yang mendampingi contoh jika kalian melakukan latuhan gym pastikan ada personal trainer yang membimbing kalian agar tidak salah saat berlatih.

Nah guys itu dia tips agar kalian tidak cedera saat latihan, semoga tips nya bermanfaat untuk teman – teman semua ya

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *