Suplementasi untuk cukupi kebutuhan nutrisi

Suplementasi untuk cukupi kebutuhan

 

Suplemen makanan sudah menjadi gaya hidup untuk mencukupi kebutuhan nutrisi manusia dan menjadimakanan tambahan.

Tingginya permintaan konsumen terhadap kebutuhan suplemen, karna manfaatnya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hingga meningkatnya produsen untuk menciptakan produk makanan suplemen dengan berbagai jenis pilihan yang di tawarkan.

Mengingat manfaat dari suplemen ini adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak tercukupi dari makanan yang di konsumsi bukan berarti bisa dijadikan makanan pokok. Makanan pokok tetap harus ada dan jika makanan yang dikonsumsi kurang nutrisinya anda bisa menambahnya dengan suplemen makanan.

Tidak setiap individu membutuhkan suplemen karna kebutuhan setiap orang berbeda, dan jika bagi anda yang tercukupi kebutuhan nutrisinya maka sebaiknya jangan mengkonsumsi suplemen makanan ini. Namun kebanyakan dari masyarakat kita mungkin kebutuhan nutisinya belum sepenuhnya tercukupi dan suplemen makanan ini bisa menjadi solusi yang pas untuk mencukupinya.

Ada bebrapa tipe individu yang sebaiknya mengkonsumsi suplemen untuk mencukupi kebutuhan nutrisi seperti :

1. Olahragawan

Kegiatan Olahragawan sangat membutuhkan banyak energy yang besar dibanding dengan orang yang mempunyai sedikit aktifitas.

Suplemen makanan untuk olahragawan sangat dibutuhkan untuk menambah tenaga atau membentuk otot tubuh, kandungan protein bagi seseorang yang sedang berolahraga sangat dibutuhkan dan itu menjadi alasan mengapa suplemen makanan sangat dibutuhkan.

Manfaat suplemen dapat meningkatkan tenaga menjadi bertahan lebih lama, menambah tenaga hingga dalam massa pembentukan otot.

2. Dalam masa penyembuhan

Asupan nutrisi penting dalam tubuh harus tercukupi setiap harinya, apalagi bagi orang dalam masa penyembuhan, karna kebutuhan nutrisi bagi seseorang yang dalam masa penyembuhan dapat menunjang untuk kesembuhannya. Hal yang terjadi bagi orang dalam massa penyembuhan mungkin akan sangat terasa malas untuk banyak mengkonsumsi makanan.dengan adanya suplemen makanan justru dapat membantu banyak hal untuk memenuhi kebutuhan nutrisi serta dapat memudahkan dalam memenuhi kebutuhan nutirisi tersebut.

Sarat penting dalam mengkonsumsi suplemen adalah tidak diperbolehkan mengkonsumsi suplemen sebagai makanan utama, tapi hanya untuk membantu menjaga kebutuhan nutrisi agar tetap tercukupi.

3. Ibu hamil dan menyusui

Kebutuhan nutrisi sangat penting bagi ibu menyusui dan hamil karna jika nutrisinya tidak tercukupi maka cukup besar resikonya bagi ibu dan bayi atau balitanya.

Kebutuhan suplemen makanan untuk ibu hamil banyak manfaatnya, karna kebutuhan nutrisinya bukan hanya untuk si ibu tapi juga untuk kesehatan si bayinya.Hal yang paling sering di berikan dokter untuk memenuhi kebutuhan nutrisi adalah seperti kandungan omega-3 untuk kesehatan saraf janin dan kandungan asam folat untuk kebutuhan kesehatan otak bayi.

Jika nutrisi tidak terpenuhi bagi ibu hamil bisa menyebabkan osteoporosis, karna jika nutrisi zat besi dan kalsium tidak terpenuhi maka si bayi dalam tubuh ibunya dapat menyerap nutrisi ibunya.

4. Peminum dan perokok

Suplemen makanan yang terakhir adalah bagi perokok dan peminum karna beberapa alasan penting asupan gizi bagi mereka yang perlu di perhatikan.

Sebuah penelitian mengungkapkan, jika seorang perokok pasif maupun aktif akan berdampak pada penurunan kadar vitamin C di dalam tubuhnya.

Suplemen makanan dapat membantu penurunan kadar vitamin C yang hilang tersebut, dan ini juga berdampak bagi anda seorang yang suka mengkonsumsi minuman beralkohol. Kekurangan bagi seseorang yang mengkonsumsi alcohol dapat mengurangi kinerja dalam penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Suplemen bisa jadi pilihan yang baik bagi anda yang memiliki nutrisi rendah atau tidak tercukupi, namun alangkah baiknya selalu di perhatikan cara pakai yang tertera di kemasan produk agar lebih bijak dalam mengkonsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *