Suplemen Creatine

Suplemen Creatine

Creatine adalah sebuah asam organik bernitrogen yang berasal dari asam amino arginine, glycine dan methionine. Sebanyak 95% creatine terdapat pada otot rangka. Sisanya sebanyak 5% berada pada jantung, otak dan testis.

Suplemen creatine adalah gabungan dari sebagian asam amino dan mempunyai manfaat dan cara kerja yang berbeda dibandingkan asam amino jenis lainnya. Suplemen creatine adalah gabungan dari beberapa jenis asam amino antara lain seperti glycine, agrinine, dan methionine.

Bagaimana Cara Kerja Creatine?

Dengan mengonsumsi creatine, latihan Anda akan lebih lama dan mendapatkan lebih banyak repetisi. Suplementasi Creatine dapat meningkatkan phosphocreatine dan cadangan creatine dalam tubuh Anda sebanyak 10 sampai 40%. Creatine berfungsi sebagai sumber tenaga untuk latihan karena cadangan phospocreatine mengalami peningkatkan.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Creatine?

Creatine adalah jenis suplemen fitness yang paling efektif untuk meningkatkan performa anaerobik sekaligus meningkatkan massa tubuh (lean) dan ukuran serat otot. So, jika Anda menginginkan peningkatan kekuatan dan kinerja anaerobik, serta menambah berat badan, gunakanlah creatine.

Apakah Creatine Dapat Membantu Membentuk Otot?

Tentu saja, hasil penelitian menunjukkan manfaat suplemen creatine untuk pembentukan otot sebagai berikut :

  • Menambah berat badan tanpa lemak
  • Menambah kekuatan repetisi maksimal
  • Meningkatkan ketahanan otot
  • Meningkatkan kekuatan dan performa anaerobik

Pada dasarnya dalam beberapa kondisi Anda butuh creatine lebih dari yang tubuh Anda sediakan, contohnya seperti saat sedang membentuk otot yang tentunya membutuhkan nutrisi yang sangat tinggi untuk dapat memenuhi kebutuhan otot dalam fase pembentukan.

CARA MENGGUNAKAN SUPLEMEN CREATINE

Ini sebenarnya tergantung pada target dan jenis creatine yang Anda gunakan. Untuk creatine jenis monohydrat (jenis creatine yang paling direkomendasikan) banyak para ahli yang menyarankan untuk membagi penggunaan creatine dalam 3 fase yaitu loading dan fase maintenance.

Loading adalah mengkosumsi creatine dalam jumlah tertentu hingga otot mulai jenuh dengan creatine, dengan begini otot akan lebih banyak mempunyai cadangan creatine, dan siap untuk melakukan latihan beban dan pembentukan otot. Jika Anda menggunakan creatine monohydrate maka Anda direkomendasikan membagi creatine dalam sehari menjadi empat kali konsumsi, dan setiap sajiannya adalah 5 gram jadi total penggunan dalam sehari dalam fase loading adalah 20 gram. Fase loading ini dilakukan selama 5 – 7 hari dan dilanjutkan dengan fase maintenance.

Fase maintenance creatine adalah untuk mempertahankan kadar creatine dalam otot cukup untuk latihan dan pembentukan otot. Setelah beraktifitas dan latihan yang cukup intensif tubuh Anda akan membakar creatine saat fase loading, jadi untuk tetap mempertahankan creatine dalam otot adalah dengan melakukan fase maintenance setelah loading diatas. Saat fase maintenance Anda hanya perlu menggunakan suplemen creatine sebanyak 10 gram / hari dan bagi menjadi 2 kali dalam sehari.

Selain itu waktu yang terbaik untuk mengonsumsi suplemen Creatine adalah setelah latihan. Pada saat fase loading, creatine monohydrate dapat digunakan pagi hari, sebelum dan sesudah latihan, serta sebelum tidur.

Apa Yang Dimaksud Dengan Fase Loading Creatine?

Agar creatine lebih cepat saturasi dengan otot-otot Anda, disarankan untuk mempersingkat waktu untuk mendapatkan manfaat creatine yang dikenal sebagai fase loading. Konsumsi 10-20 gram creatine monohydrate setiap harinya selama 7 hari. Pemakaiannya dapat dibagi dalam 4x.

Berapa Banyak Creatine Yang Dikonsumsi?

Konsumsi sekitar 5 gram creatine monohydrate setiap harinya selama masa maintenance (setelah fase loading creatine). Tidak masalah jika Anda tidak melakukan fase loading creatine, karena creatine akan bekerja dengan baik setelah dikonsumsi terus menerus selama sekitar 4 minggu. Namun, jika Anda ingin mengambil jalan pintas, fase loading creatine akan memberikan manfaat dalam waktu 2 minggu.

Apakah Creatine Membutuhkan Proses Cycle Off?

Kebanyakan orang tidak mempedulikan hal ini, karena dengan mengonsumsi creatine setiap hari akan mendapatkan manfaat bagi tubuh secara terus-menerus. Creatine tidak sama dengan Steroid, tetapi jika Anda ingin melakukan cycle creatine, gunakan selama 12 minggu kemudian hentikan pemakaian selama 4 minggu.

Apakah Creatine Dapat Membuat Tubuh Anda Menyimpan Air?

Creatine dapat membantu sel otot Anda untuk mengikat air, yang baik bagi kinerja tubuh. Hal ini pula yang menyebabkan berat badan Anda bertambah. Sehingga atlet olahraga weight class (gulat, martial art, tinju, judo, kickboxing, angkat besi dll) wajib untuk men-cycle penggunaan creatine terutama 6 minggu sebelum waktu menimbang berat badan.

Berapa Banyak Air Yang Harus Anda Minum Selama Menggunakan Creatine?

Minum air sekurang-kurangnya 7 gelas setiap harinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *