Pola Diet yang Benar Sebelum Kompetisi

Mungkin dari beberapa Anda, hanya ingin menjadikan bodybuilding (olahraga angkat beban) ini menjadi sebuah hobby, atau gaya hidup sehat (healthy Lifestyle) tetapi kita tahu, ada beberapa dari Anda yang menyukai kompetisi, dan ingin menyaksikan seberapa jauh motivasi Anda dan tekad Anda khususnya dalam mempresentasikan bentuk tubuh dengan bagus dan memenangkan kejuaraan. Dan oleh karena itu kami tidak ketinggalan akan membahas dengan cermat bagaimana pola diet yang baik dan benar khususnya ketika anda ingin mengikuti sebuah kompetisi binaraga. Tentunya anda ingin semua perfect bukan, dan diet memegang peranan yang sangat vital bagi performance anda nanti ketika hari H pertandingan tiba.

Yang harus sangat diperhatikan adalah:

1.    Sangat membatasi sekali sodium(garam)

Sodium adalah zat yang berfungsi untuk kontraksi otot, energi dan memberikan rasa pada makanan yang Anda makan. Memang, sodium juga akan membuat otot anda keliatan bloating(basah) karena sifat sodium yang mengikat air. Namun yang harus diperhatikan bahwa anda pastilah menaikkan intensitas kardio untuk membakar lemak anda, dan sodium banyak sekali terbuang lewat keringat dan kencing. Sangatlah penting untuk menjaga asupan sodium yang secukupnya agar tidak terjadi tekanan darah rendah, gemetar, serta efek lemas bagi tubuh anda.

2.    Terlalu bergantung pada Suplemen dan bukan kepada makan.

Harus diingat, tidak ada yang dapat menggantikan makan dalam arti yang sebenarnya. Memang suplemen fitness yang banyak disediakan karena praktis khususnya bagi anda yang beraktivitas padat namun harus anda ingat, akan sangat berbeda sekali hasilnya dari individu yang banyak tergantung kepada suplemen dan individu yang lebih focus kepada makanan bernutrisi tinggi dan berkomposisi yang sempurna.

3.    Terlalu banyak Makan Kotor/cheat meals.

Memang menkonsumsi makanan kotor sesekali dibutuhkan oleh tubuh kita karena efek diet yang berkepanjangan akan memperlambat metabolisme tubuh kita, membuat jenuh serta cheat meals di sini adalah langkah yang sangat bagus untuk membuat tubuh kita menjadi efektif kembali, namun harus diingat kawan, seminggu sekali-dua kali adalah cukup, janganlah terlalu berlebihan untuk mencegah lemak dan gula yang tidak kita inginkan.

4.    Tidak menkonsumsi kalori yang cukup

Untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh dan menjaga massa otot yang kita punya sangatlah penting untuk menkonsumsi kalori yang cukup ke dalam tubuh kita. Karena jika kalori yang kita konsumsi rendah, maka tubuh kita akan lemas dan menjadi kecil karena tidak sesuai dengan takaran kita yang sebenarnya. Kehilangan stamina/ focus selama beberapa saat khususnya ketika mau masuk kontes, adalah salah satu tanda yang vital bahwa tubuh kita kekurangan kalori.

5.    Tidak makan cukup fiber.

Fiber mungkin dalam benak kita menjadi hal yang terakhir yang kita pikirkan jika kita focus kepada pola diet yang kita jalani. Namun harus sangat diperhatikan bahwa menkonsumsi fiber dalam jumlah yang cukup sangat diperlukan tubuh kita untuk menawarkan racun, membantu penyerapan nutrisi ke dalam tubuh agar maksimal dan tidak terbuang percuma. Oleh karena itu, mungkin bisa ditambahkan suplemen fiber(hijau) ke dalam pola diet anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *