Penyebab bahu sakit, dan cara mengatasinya

Penyebab bahu sakit, dan cara mengatasinya

Bahu yang sakit bisa menghambat kemampuan Anda untuk bergerak bebas jika tidak ditangani dengan baik. Bahu sakit adalah masalah yang umum dengan sejumlah.

Sakit bahu mungkin timbul dari persendian bahu itu sendiri atau dari salah satu dari sekian banyak otot, ligamen, atau urat di sekitarnya. Sakit bahu yang berasal dari sendi biasanya akan memburuk dengan peningkatan aktivitas atau gerakan lengan atau bahu.

Apa saja penyebab bahu sakit ?

  • Aus ( pemakaian berlebihan)

Melakukan aktivitas yang berat, bisa menyebabkan bahu sakit seperti contoh membawa beban tas yang berat, berolahraga yang berlebihan. Kadang, persendian bahu yang digunakan terlalu berlebihan bisa jadi meradang dan membengkak terasa menyakitkan. Kondisi ini disebut sebagai bursitis.

  • Terkilir / keseleo

Bahu keseleo mengacu pada pada sobekan di ligament atau otot yang mengikat persendian bahu. Sobekan ligamen pada tulang ini biasanya menghasilkan rasa sakit dan peradangan di daerah bahu hingga kesulitan dalam nenggerakkan lengan atau bahu. Penyebab bahu keseleo pada umumnya hantaman langsung pada bahu dan area sekitarnya – entah itu akibat jatuh dalam posisi canggung, kecelakaan bermotor, atau kecelakaan saat berolahraga.

  • Frozen Shoulder

Frozen Shoulder dalah kondisi menyakitkan yang membuat Anda tidak bisa menggerakkan bahu, sehingga jangkauan gerak bahu menjadi sangat terbatas. Kondisi ini terjadi ketika ada penebalan, pembengkakan dan pengetatan dari jaringan yang fleksibel yang mengelilingi sendi bahu Anda.

Frozen shoulder mungkin terjadi setelah cedera atau penggunaan berlebihan atau dari penyakit, seperti diabetes atau stroke. Setiap keluhan bahu sakit karena alasan lainnya juga dapat berujung pada kondisi ini jika Anda tidak melatih persendiannya untuk tetap bergerak

Ada beberapa cara untuk mengobati rasa sakit pada bahu tergantung pada penyebab dan rasa sakit :

  1. Rest (Istirahat): jangan beraktivitas berat atau menggerakan bahu dalam 48 jam setelah cedera
  2. Ice (Kompres es) tempelkan kompres es pada bahu yang cedera selama 20 menit, 4-8 kali sehari. Anda bisa gunakan plastik yang diisi bongkahan es dan dilapisi handuk, atau menggunakan kompres es jadi yang tersedia di apotek.
  3. Compression (Tekanan): tekan lembut daerah yang terasa sakit untuk membantu mengurangi pembengkakan. Anda bisa membebat bahu dengan perban untuk menjaganya tetap stabil.
  4. Elevation (Diangkat): Jaga area yang cedera tetap lebih tinggi dari jantung. Jika Anda ingin rebahan, topang bahu Anda dengan bantal empuk tebal untuk menyangga posisinya.

Obat penghilang rasa sakit seperti aspirin, ibuprofin, atau paracetamol dapat diminum untuk mengurangi rasa sakit dan mengobati cedera ringan atau bahu sakit akibat frozen shoulder di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *