1

Olahraga Saat Puasa Itu Bermanfaat Loh

Puasa memang dikenal dengan badan lemas dan tidak jarang membuat badan ini serasa malas untuk beraktifitas apalagi untuk olahraga. Namun Perlu diketahui meskipun sedang berpuasa, tubuh Anda juga butuh olahraga.

Berikut manfaat olahraga saat puasa :

  1. Mempertahankan Masa Otot

Dalam kondisi berpuasa lantas tidak berolahraga otot dapat mengendur, apalagi jika Anda terbiasa latihan fitness. Latihan yang tepat adalah sore hari hari menjelang berbuka puasa atau malam hari setelah sholat tarawih.

Dan olahraga yang cocok untuk mempertahankan masa otot saat berpuasa adalah olahraga jenis kardio atau angkat beban dengan beban medium atau dibawahnya sedikit. Untuk mencegah penyusutan otot atau katabolik Anda bisa menggunakan bcaa

  1. Mendongkrak Kekuatan

Selain mempertahankan masa otot, dalam menaikan kekuatan juga dibutuhkan latihan yang cukup keras. Karena itu kami sarankan untuk melakukan latihan ini dimalam hari setelah cukup energi untuk melakukan latihan.

Jika Anda ingin mendongkrak kekuatan otot, bisa mengkombinasikan latihan beban dengan kardio dengan perbandingan 80:20. Untuk lebih maksimal paling tidak dua jam pada malam hari untuk meningkatkan kekuatan otot saat berpuasa.

 

  1. Menjaga Kebugaran Tubuh

Selama berpuasa sangat penting untuk tetap menjaga kebugaran tubuh Anda. Jangan sampai daya tahan tubuh Anda menurun dan jatuh sakit karena tidak melakukan olahraga.

Anda bisa melakukan olahraga seperti jogging, gowes, atau bisa juga jalan cepat selama 45 menit pada pagi hari setelah sholat subuh. Pada pagi hari suhu masih terasa segar dan bisa terlepas dari rasa haus yang berlebih.

 

  1. Memanpaatkan Kenaikan HGH

Saat berpuasa tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan (HGH) lebih banyak dari biasanya, oleh karena itu, Anda bisa memanpaatkan kondisi tersebut untuk latihan beban agar kenaikan masa otot anda lebih maksimal.

Sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein pada malam hari untuk lebih memaksimalkan pertumbuhan otot saat sedang berpuasa.

Meskipun saat berpuasa dianjurkan untuk tetap melakukan aktifitas dan olahraga, namun harus tetap diperhatikan jenis latihan dan lamanya melakukan olahraga tersebut. Jangan melakukan olahraga dengan intensitas terlalu tinggi untuk mencegah dehidrasi.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *