Mengapa harus melakukan full body saat latihan

Mengapa harus melakukan full body saat latihan ?

Mengapa harus melakukan full body saat latihan ?

Latihan full body memang sangat penting saat kita sedang latihan, buat kalian yang belum paham mengapa kalian harus melakukan full body saat latihan, liat tips berikut ini :

 

  • Lebih cepat mengurangi lemak

 

Latihan full body mampu mempengaruhi pengurangan lemak melalui aktivasi gen. Aktivasi gen sangat penting untuk menentukan hasil latihan, baik itu perkembangan otot maupun pengurangan lemak.

Full body workout  mendorong aktivitas gen untuk meningkatkan proses metabolisme dalam otot; prosesnya bisa bertahan sehari penuh. Akibatnya, tubuh Anda akan membakar lemak dan karbohidrat lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan energi dari proses tersebut.

 

  • Meningkatkan massa otot lebih banyak

 

Dalam studi yang sama, diketahui pula bahwa kelompok yang menjalani full body workout mengalami penambahan massa otot sedikit lebih banyak dibandingkan kelompok yang menjalani split training. Alasannya karena kelompok full body workout  menunjukkan peningkatan rasio testosteron dibanding kortisol.

Semakin tinggi testosteron dan semakin rendah kortisol, maka tubuh akan semakin bersifat anabolik. Dengan mengaktifkan rasio anabolik yang ideal melalui full body workout, potensi pembentukan protein otot juga akan maksimal.

 

  • Kekuatan lebih besar

 

Peneliti membagi individu menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang lebih kuat dan lebih lemah (yang dilihat dari kemampuannya melakukan squat). Kelompok yang kuat ini dibagi lagi menjadi dua, salah satunya menjalani full body workout , sementara yang lain menjalani split training. Hasilnya kelompok yang menjalani full body workout mengalami peningkatan kekuatan  yang lebih besar dibandingkan kelompok split training. Dari sini, dapat disimpulkan jika lifter berpengalaman bisa mengambil manfaat lebih banyak ketika melakukan full-body training dibandingkan pemula.

 

  • Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

 

Dengan mengaktifkan gen di seluruh serat otot setiap hari lewat FBW, Anda bisa menjaga proses metabolisme tubuh tetap berjalan baik. Hal ini berperan penting untuk mencegah berbagai ancaman gangguan metabolik.

Jadi, berapapun umur Anda, Anda dapat meraih kesehatan yang prima lewat latihan full-body.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *