Makanan terbaik untuk pasien kanker

Makanan terbaik untuk pasien kanker

Penderita kanker harus sangat hati – hati dalam memilih makanan, Dalam proses ini, pengidap kanker mungkin menjauhkan diri jenis makanan tertentu. Tapi bisa saja diet makanan itu justru bisa menghambat pemulihan. Lalu makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk mendukung pemulihan atau mengurangi risiko terkena penyakit ini lagi ?

  • Jangan konsumsi daging olahan, tapi makan daging tanpa lemak secukupnya

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa daging olahan seperti bacon, sosis, ham dan daging kalengan bersifat karsinogenik dan daging merah kemungkinan karsinogenik. Untuk pasien kanker harus minimalkan mengkonsumsi daging olahan. daging merah memberikan gizi penting termasuk asam amino esensial, zat besi dan vitamin B12. Untuk mengkonsumsi nya porsi seukuran telapak tangan untuk dua atau tiga kali dalam seminggu.

Mungkin sebagian orang membatasi mengkonsumsi gula gula bisa menyediakan energi atau nutrisi bagi perkembangan sel kanker. Namun, menghindari gula tidak menghentikan sel kanker. Semua sel, baik sel sehat maupun sel kanker, menggunakan glukosa untuk energy. Jikapun tubuh kekurangan glukosa dari sumber makanan, dia akan mencari cara lain untuk membuat energi esensial ini. Sebut saja dari protein dan lemak. Artinya, tubuh akan memecah otot dan sumber lemak. Sehingga bisa menyebabkan turun berat badan, kelelahan dan penurunan fungsional. Karena itu penderita kanker tidak harus menghindari karbohidrat, terutama sebelum dan sesudah pengobatan.

  • Diet alkali atau asam?

Beberapa orang percaya bahwa kanker tumbuh pesat di lingkungan asam. Jadi penderita kanker mungkin mencoba lebih banyak konsumsi makanan alkali dan mengurangi asam.

Namun melakukan hal itu tidak akan mengubah tubuh jadi lingkungan alkali. Sebab tidak mungkin mengubah pH darah di luar kisaran normal. Jika ada pergeseran dalam keseimbangan asam-basa, tubuh secara otomatis akan memperbaikinya.

  • 11 sayuran pencegah kanker

Ada 11 macam sayuran pencegah kanker kubis, bawang putih, bawang bombai, kedelai, kunyit, teh hijau, tomat, jeruk, cokelat, dan buah-buahan beri, seperti bluberi dan stroberi.

  • Batasi konsumsi alcohol

Alkohol diyakini dapat meningkatkan risiko terkena kanker mulut, tenggorokan, laring, esofagus, liver, payudara, usus besar, dan rectum. Peneliti menduga hal ini disebabkan oleh sifat alkohol yang dapat merusak DNA secara langsung, terutama jika dikombinasikan dengan merokok. AICR pun merekomendasikan agar konsumsi alkohol dibatasi tidak lebih dari dua gelas per hari untuk pria dan satu gelas untuk wanita

Nah guys itu dia beberapa makanan terbaik untuk pasien kanker, cegah penyakit kanker sedini mungkin sayangi tubuh kita dan mulai menjalani hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *