MAKAKAN YANG MEMBANTU MENORMALKAN TUBUH SETELAH OLAHRAGA

MAKAKAN YANG MEMBANTU MENORMALKAN TUBUH SETELAH OLAHRAGA .

MAKAKAN YANG MEMBANTU MENORMALKAN TUBUH SETELAH OLAHRAGA .

Sehabis berolahraga, otot menggunakan glikogen untuk bahan bakar dan sel-selnya mengalami kerusakan. Untuk mengembalikan glikogen yang telah digunakan, menumbuhkan kembali protein otot, dan merangsang pertumbuhan otot baru, mengonsumsi makanan bernutrisi membantu tubuh untuk menyelesaikan proses tersebut lebih cepat.

Nah makanan apa saja yag bernutrisi untuk membantu menormalkan tubuh setelah olahraga,

  • Makanan kaya karbohidrat dan protein

Karbohidrat membantu tubuh memaksimalkan sintesis protein dan glikogen yang telah digunakan selama berolahraga. Sementara protein yang mengandung asam amino membantu mempercepat pertumbuhan otot baru dan memperbaiki sel-sel otot yang mengalami kerusakan selama berolahraga. Agar produksi insulin yang mendorong sintesis glikogen lebih maksimal, lebih baik mengonsumsi makanan dengan kandungan protein dan karbohidrat secara bersamaan.

  • Makana yang mengandung lemak

Lemak mampu membantu pertumbuhan otot setelah berolahraga, Kemudian, 45 persen energi pada tubuh juga berasal dari lemak. Beberapa makanan dan minuman yang mengandung lemak sehat yaitu alpukat, kacang-kacangan, dan susu sapi.

Menu makanan kombinasi setelah olahraga :

Sebenarnya, Anda bisa langsung mengonsumsi buah-buahan atau makanan lain yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun, makanan tersebut lebih baik dikonsumsi bersamaan (dikombinasikan) karena efeknya pada tubuh lebih maksimal.  

  • Yogurt buah dan kacang

Campurkan buah yogurt beri, bisang, dan kiwi dan tambahkan kacang almond. Menu makanan ini dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein yang hilang selama berolahraga. Bahkan, mengonsumsi pisang saja sudah membantu Anda memenuhi kebutuhan karbohidrat.

  • Roti isi telur

Telur kaya manfaat dan sangat mudah disajikan. Untuk menu ini, rebus telor ceplok sampai matang. Kemudian, panggang roti, taruh telur yang sudah direbus sebelumnya, dan tambahkan potongan alpukat. Anda bisa mengganti alpukat dengan sayuran hijau lainnya dan telur bisa diganti dengan potongan daging ayam atau ikan tuna.

  • Oatmeal

Cara membuatnya cukup praktis. Campurkan oats dan susu dalam sebuah mangkuk dan aduk hingga rata. Kemudian, masak dengan api sedang selama beberapa menit. Sajikan dengan buah beri atau pisang.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *