Latihan Untuk Wanita

Sumber masalah

Kebanyakan dari wanita akan berkata “saya takut kalau latihan akan menjadi besar”. Ini tentu saja hanyalah mitos. Tidak sama seperti laki-laki, wanita tidak mempunyai hormon testosterone yang cukup untuk membuatnya menjadi kekar.

Mungkin persepsi ini didapat karena melihat binaraga-binaraga perempuan. Tentu saja kita tidak dapat menyamakan diri kita dengan mereka. Mereka adalah atlit, dan atlit tidak ada yang normal, dalam arti bahwa latihan para atlit sudah melebihi batas manusia normal. Katakan kita hanya berlatih satu sampai dua jam sehari, atlit bisa berlatih enam sampai delapan jam dalam sehari.

Selain itu, percaya atau tidak, bagi kaum laki-laki pun sangat sulit untuk bisa membangun massa otot. Intinya adalah agar kita tidak membandingkan diri kita terhadap atlit, baik pria maupun wanita. Di artikel sebelumnya saya selalu menekankan untuk mengetahui tujuan dari kita latihan. Jika kita ingin sekedar mempunyai badan ideal, tidak perlu kita latihan untuk menjadi atlit.

Kebanyakkan Wanita di tempat fitness

fasf

Oleh karena permasalahan di atas, saya sering melihat kebanyakkan dari wanita yang latihan di tempat fitness hanya mengangkat dumbbell seberat 1-5 Kg. Menurut saya pribadi, ini adalah perbuatan yang sangat sia-sia. Mengapa?

Ketika kita membeli gula pasir di supermarket, beratnya sudah satu kilogram. Belum lagi barang-barang lainnya. Jika kita totalkan, beratnya mungkin sudah sekitar 10kg. Lalu ketika menggendong anak, bayi yang baru lahir sudah tiga kilogram (rata-rata). Para ibu tentu menggendong anaknya hampir sepanjang hari, dan setiap hari semakin bertambah berat juga anak tersebut karena bertumbuh.

Lalu apa yang menjadi alasan untuk mengangkat dumbbell yang beratnya kurang dari berat yang ditangani setiap hari? Sekali lagi saya ingin menekankan WANITA ITU SANGAT KUAT! Berhenti untuk mengasihani diri sendiri adalah sikap mental yang harus dimiliki.

Alat latihan bagi wanita

agagge

Sekarang mari kita melihat latihan-latihan seperti apa yang wanita sebaiknya lakukan. Karena saya percaya pada old school bodybuilding, maka saya lebih menganjurkan untuk menggunakan barbell dan dumbbell.

Tetapi tentu saja jika belum merasa nyaman untuk menggunakan alat-alat klasik, ada alternatif mesin yang dapat dipakai. Saya mengerti jika kaum wanita merasa risih karena tempat dumbbell dan barbell biasanya didominasi oleh pria.

Otot yang harus dilatih

gargage

Semua otot pada tubuh harus dilatih karena jika ada otot yang underdeveloped atau tidak terlatih, bisa-bisa terjadi muscle imbalance atau ketidak-seimbangan otot.

Wanita harus melakukan latihan bagi otot mulai dari paling atas, bahu, sampai ke paling bawah yaitu kaki. Termasuk latihan dada, tangan, punggung dan perut.

Mungkin pernah mendengar wanita jangan melakukan latihan ‘A’ karena bisa menyebabkan payudara mengecil. Perlu kita ketahui bahwa tubuh tidak dapat melakukan spot fat reduction. Jika tubuh ingin mengurangi kadar otot sebanyak, katakan 1%, maka tubuh akan membakar 1% dari keseluruhan tubuh.

Apakah dengan latihan payudara akan mengecil? sudah pasti karena payudara mayoritasnya adalah jaringan lemak. Tetapi tidak akan menghilang. Fitness model atau binaraga wanita sampai menghilang payudaranya karena mereka menurunkan bodyfat sampai di bawah 15%. Alhasil mereka harus mengimplan payudara mereka.

Selain faktor atas pemangkasan jaringan lemak, ada juga faktor dari hormon. Jika anda adalah wanita yang dikaruniai dengan payudara berisi, anda tidak perlu khawatir akan kehilangan asset anda.

Untuk beban, pilihlah beban yang bisa dilakukan sebanyak 8-12 repetisi namun tidak terasa mudah pada saat mencapai repetisi akhir (repetisi ke 8, 9, 10, 11, 12). Jika terlalu mudah, naikkan bebannya. Sebaliknya ketika tidak bisa diselesaikan, turunkan bebannya.

Fokus latihan

gagewag

Bagian ini adalah dari opini saya pribadi. Mungkin bagi kebanyakkan wanita, latihan dilakukan dengan maksud untuk mendapatkan perut rata dan memiliki bentuk kaki dan bokong yang lebih indah. Bentuk tangan yang kencang juga biasa menjadi salah satu gol. Jika ini adalah gol yang dituju, fokuskan pada latihan-latihan seperti squat dan deadlift untuk membentuk paha dan bokong yang indah.

Untuk membentuk tangan, bisa melakukan biceps curl dan juga triceps cable push-down. Untuk perut, tidak perlu melakukan sit-up. Lakukan plank untuk melatih otot core sehingga stabilitas menjadi lebih maksimal. Jangan lupa untuk melatih otot dada dan bahu agar tidak terjadi muscle imbalance.

Kesimpulan

Latihan tidak mengenal jenis kelamin. Jika pria melakukan bench press, wanita juga harus melakukan bench press. Jika wanita melakukan hip abduction, pria juga melakukannya. Semua latihan dilakukan agar tidak terjadi muscle imbalance. Selain itu, otot yang terbangun secara menyeluruh dengan sempurna akan terlihat indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *