Jangan asal olahraga kenali dulu tubuhmu

Jangan asal olahraga kenali dulu tubuhmu

Memiliki tubuh ideal dan sehat adalah idaman semua orang, banyak hal yang dilakukan untuk mencapai tubuh yang ideal dan sehat. Namun sebelum melakukan itu semua yang harus kita lakukan adalah mengenali tubuh kita sendiri karena pada dasarnya tubuh manusia sangat lah berbeda – beda. Berikut ini dia type Berikut adalah 3 tipe tubuh manusia dan tips latihan yang dapat dilakukan

Berikut adalah 3 tipe tubuh manusia dan tips latihan yang dapat dilakukan

  • Ectomorph

Ectomorph adalah jenis bentuk tubuh yang kurus dan agak sulit untuk membangun otot pada tubuh semacam ini.

Pertumbuhan berat badan dan otot membutuhkan kesabaran karena memakan waktu yang lebih lama untuk mencapai dan mempertahankannya.

Tipe ectomorph ini sangat ramping dengan hanya sedikit lemak tubuh dan masa otot. Tipe ini sangat cocok untuk menjadi atlet dengan keahlian seperti lari maraton jarak jauh atau menjadi seorang model. Tipe ectomorph harus banyak makan makanan yang mengandung kalori dalam diet agar menambah berat badan. 

Tips Latihan : Lakukan lebih banyak latihan beban untuk membangun otot dengan sedikit repetisi dan beban yang berat. Waktu istirahat harus cukup banyak, pisahkan waktu latihan 2-3 hari untuk istirahat menuju latihan berikutnya.

  • Mesomorph

Mesomorph adalah bentuk tubuh yang atletis dengan tubuh yang padat dan berotot, disertai tampilan yang kekar. Ini adalah bentuk tubuh idaman  

Tipe tubuh seperti ini biasanya paling mudah membentuk tubuh serta memeroleh massa yang optimal.

Tips Latihan : Latihan beban sebanyak 3 kali setiap minggu dan aerobik setiap hari atau pada hari tertentu. Prioritaskan latihan untuk memeroleh bentuk tubuh yang Anda harapkan.

  • Endomorph

Karakter tubuh endomorph biasanya ditunjukkan pada mereka yang memiliki bentuk badan yang bulat, gempal, dan biasanya memiliki tubuh berukuran besar. 

Orang dengan tipe ini sulit untuk menurunkan berat badan. Diet, olahraga yang terautur serta mengonsumsi susu olaraga sangat mendukung type Endomorph tersebut

Porsi makan juga harus lebih kecil dan lebih sering tetapi di sampingi dengan Makan setiap 3 jam sekali atau sebanyak 6 kali sehari untuk melancarkan metabolisme. Kurangi konsumsi karbohidrat dan perbanyak protein  dalam diet.

Tips Latihan : Latihan aerobik secara teratur, seperti berjalan kaki, jogging, dan bersepeda. Lari selama 30 menit per hari sebanyak 5 kali seminggu. Lakukan juga latihan beban secara rutin 4-5 kali per minggu dengan istirahat yang cukup antar sesi latihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *