Fat fighting tricks

Fat Fighting Tricks

Fat fighting tricks

Masih bingung mencari cara yang tepat untuk mengurangi timbunan lemak membandel di tubuh Anda. Mungkin beberapa cara berikut ini bisa membantu mengatasi permasalahan Anda.

Tingkatkan metabolisme dengan kecepatan

Saat berjalan, berlari atau bersepeda selama 60 menit, lakukan penambahan kecepatan atau sprint selama 4 menit setiap interval 10 menit. Lalu perlambat kecepatan selama 2 menit dan kembali ke kecepatan normal.

Lakukan latihan ini seminggu 3 kali. Tubuh akan menggunakan lemak sebagai bahan bakar latihan tersebut. Bahkan menurut sejumlah penelitian, cara ini bisa menurunkan kadar lemak tubuh hingga 25 persen.

“Saat berlatih gunakan gambaran skala 1 – 10. Jika kecepatan sprint adalah 10, maka skala 8 – 9 adalah kecepatan normal Anda,” ujar Christoper Perry Ph.D., ahli olahraga dari University of Guelph, Canada.

Catat asupan kalori dan jadwal olah tubuh

Buat catatan tentang kegiatan olahraga dan menu makanan serta minuman yang diasup setiap hari. Banyak orang sukses menurunkan berat badan, dengan mencatat secara rutin aktivitas dan konsumsi kalori harian.

Penelitian yang dilakukan University of Arkansas for Medical Sciences, AS menemukan bahwa dengan menulis kegiatan dan rencana hidup bugar dengan disiplin, Anda akan konsisten melaksanakan rencana penurunan berat badan.

Selain itu, Anda bisa melihat pola hidup yang sudah dijalani selama ini. Carilah informasi sebanyak-banyakanya dan terapkan pola hidup sehat yang cocok dengan kegiatan Anda.

Taat tidur

Disiplin waktu tidur antara 6 – 8 jam di malam hari ternyata sanggup membantu Anda memangkas lemak dalam tubuh. Fakta ilmiah ini diperkuat oleh penelitian Kaiser Permanente Center for Health Research Portland, AS.

“Anda pun bisa menambah waktu tidur paling tidak selama 30 menit. Disiplin waktu tidur dan saat bangun akan meningkatkan kewaspadaan dan membuat tubuh siap beraktivitas lebih giat,” ujar Cheri Mah, ahli kesehatan dari The Stanford Sleep Disorders Clinic and Research Laboratory, AS.

Hindari berpuas diri

Lupakan tentang kesuksesan Anda saat berhasil menyelesaikan latihan rutin atau menurunkan berat badan. Perbaiki kualitas kinerja olah tubuh dengan mendongkrak intensitasnya.

“Naikan jumlah pembakaran kalori melalui olahraga berintensitas tinggi. Berarti Anda juga membakar lemak dalam tubuh dengan cepat. Jangan terjebak pada comfort zone sukses turun berat badan, karena akan membuat Anda berpuas diri dan mendorong kebosanan pada rutinitas olahraga,” ujar John Porcari, Ph.D., ahli kesehatan dariUniversity of Winsconsin, AS.

Lakukan tes kebugaran dengan alat ukur detak jantung dan tekanan darah saat berjalan atau berlari di pusat kesehatan atau kebugaran.

“Cara ini bisa mendeteksi kinerja fungsi tubuh Anda,” ujar Porcari.

Maksimalkan pembakaran kalori

“Pada treadmill tambahkan incline 10 – 15 persen dari latihan normal Anda. Di alam bebas Anda bisa memilih kawasan berbukit ataupun berlari meniti anak tangga, makin lebar langkah Anda mendaki, makin besar kalori yang dipangkas,” saran Mark Fenton, penulis buku Guide to Walking for Health, Weight for Health, Weight Loss and Fitness.Cara ini dapat meningkatkan pembakaran kalori tubuh hingga 15 persen.

Sebutir telur untuk sarapan

Dapatkan ekstra protein di pagi hari untuk tubuh dari sebutir telur akan memicu otak bekerja serta menghindari keinginan ngemil. Penelitian dari University of Missouri – Colombia, AS juga menyarankan agar kita mengonsumsi secangkir yoghurt yang bisa memicu rasa kenyang dan tubuh makin siap beraktivitas.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *