maximizemuscle

Cara memaksimalkan Pertumbuhan Otot

Banyak sekali orang dewasa  mengambil berbagai program untuk memaksimalkan perkembangan dalam pembentukan otot. Sebenarnya semua program latihan fitness itu baik untuk pertumbuhan asalkan dilakukan dengan konsisten dan benar dalam pelaksanaanya.

Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan selain program dan ini merupakan hal dasar dalam membentuk otot dan tidak peduli apapun program Anda, berikut ulasan kami :

Latihan Dengan Benar

Secanggih apapun jadwal atau program yang ikuti tidak akan dapat berkembang dengan baik bahkan akan sia sia jika anda tidak melakukannya dengan benar. Lakukan setiap latihan dengan benar, perhatikan setiap gerakan dalam tiap sesi. Ini merupakan kunci dasar dalam merangsang serat otot. Semakin banyak serat otot yang ikut bekerja maka akan semakin baik.

Nutrisi

Serutin apapun latihan anda tidak akan banyak membawa hasil jika tidak dilengkapi dengan nutrisi yang cukup. Semakin intensif dan beban yang berat akan membuat tubuh anda stress dan hal tersebut akan membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dari sebelumnya. Apalagi protein, nutrisi satu ini tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan,

Istirahat

Nah ini dia!! banyak dari mereka yang terlalu bersemangat dalam latihan dan justru meninggalkan satu poin paling penting dalam pertumbuhan otot. Istirahat merupakan hal yang bisa dibilang paling utama dalam pembentukan otot. Otot tumbuh saat anda beristirahat, bukan saat anda sedang latihan keras. Latihan intensif dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan otot tetapi bukan pertumbuhan itu sendiri.

Saat anda tidur tubuh akan melepaskan hormon testosteron sebagai hormon pertumbuhan, dan inilah saat yang harus anda jaga. Banyak yang menginginkan perkembangan hormon testosteron dari sumber tidak alami yaitu dengan menggunakan steroid yang sudah dikenal sangat berbahaya bagi tubuh.

Anda akan melakukan kesalahan besar jika melewatkan waktu keluarnya hormon pertumbuhan tersebut dengan begadang atau kurang istirahat.

Karbohidrat

Karbohidrat tetap anda butuhkan sebagai sumber harian anda. Ingat karbohidrat tidak selalu diubah jadi lemak. Karbohidrat hanya akan diubah jadi lemak jika anda tidak banyak aktifitas dan tubuh akan menyimpan kalori berlebih menjadi lemak.

Otak dan organ lain dalam tubuh Anda tetap membutuhkan karbohidrat agar dapat bekerja dengan normal.

Lemak

Saya berani bertaruh jika sebagian dari Anda merasa bahwa lemak merupakan zat yang tidak berguna bahkan merugikan bagi tubuh. Jika tebakan saya benar maka anda tidak sepenuhnya salah karena kurangnya sosialisasi bahwa lemak juga dibutuhkan oleh tubuh, tetapi lemak sehat dan harus tetap dikonsumsi dengan sewajarnya.

Lemak sehat seperti ikan, minyak zaitun sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan berbagai racun dan juga sebagai nutrisi otak agar semakin cerdas. Tentunya tidak akan bisa melakukan latihan dengan keras jika anda jatuh sakit karena menghindari semua jenis lemak

Durasi Latihan

Berapa lama anda habiskan waktu di tempat fitness? 2 jam? 3 jam? atau lebih? jika anda menghabiskan waktu 1 – 2 jam maka masih dapat toleransi oleh tubuh anda, tetapi jika sudah melakukannya lebih dari 2 jam atau bahkan 3 jam maka yang terjadi adalah over training atau latihan yang berlebihan.Dengan latihan yang terlalu lama tidak akan mempercepat pertumbuhan otot anda, hal tersebut akan membuat otot anda jenuh dan cidera dan susah bahkan berhenti untuk tumbuh.

Lakukan latihan sewajarnya saja. Jika anda latihan dengan beban ringan maka 2 jam cukup, tetapi jika anda latihan dengan beban yang berat maka ingat jangan lebih dari 90 menit.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *