Bahaya Steroid untuk Kesehatan

Bahaya Steroid untuk Kesehatan

Dibalik manfaatnya memperbesar otot secara cepat, ternyata steroid juga memiliki bahaya untuk kesehatan tubuh pemakainya loh! Apa saja bahaya dari steroid ini? Simak sekarang juga. Steroid merupakan senyawa atau zat yang sudah ada alami yang diproduksi didalam tubuh manusia. Terdapat cukup banyak jenis steroid yang diproduksi didalam tubuh kita, semuanya memiliki fungsi dan manfaat masing masing. Contoh zat steroid alami dalam tubuh diantaranya adalah kolesterol dan hormone testosterone pada laki-laki.

Selain steroid alami diatas, ternyata juga terdapat steroid buatan. Steroid buatan dikenal dengan istilah steroid anabolic dan steroid sintetis.

Steroid Anabolik

Steroid anabolic adalah steroid yang sering digunakan untuk membesarkan otot tubuh. Steroid ini merupakan bahan sitesis yang mirip dengan hormone testosterone pada laki-laki. Karena steroid anabolic ini mirip dengan hormone testosterone, maka dengan menggunakan steroid ini bisa membuat munculnya ciri-ciri / karakteristik laki laki pada tubuh penggunanya. Seperti tumbuhnya kumis, membesarnya otot, dan berkembangnya otot dan tulang si pemakai.

Steroid Sintetis

Steroid jenis ini merupakan steroid yang digunakan untuk obat peradangan. Obat ini sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit asma, artritis,dan penyakit peradangan lainnya. Selain bisa mengurangi peradangan, steroid sintetis ini juga bisa membantu mengurangi aktivitas sistem kekebalan tubuh sehingga berguna untuk proses penyembuhan penyakit.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *