Sarapan Atlit

Kebutuhan kalori saat sarapan memang berbeda-beda pada tiap orang, tergantung usia dan aktivitasnya, termasuk Atlet Sob.

Namun porsi sarapan yang baik harusnya mampu memenuhi sekitar 25% dari total asupan kalori per hari, yang sekitar 1500- 2000 kalori untuk wanita dan 2000 – 2500 kalori untuk pria.

  • Nasi Uduk

.
Mengandung  banyak lemak dari santan. Lemak yang terkandung dalam nasi uduk memang dapat menimbulkan dan mempertahankan rasa kenyang dalam waktu yang cukup lama, sehingga cocok untuk menu sarapan

Nasi Kuning.
Sama dengan nasi uduk, nasi kuning juga mengandung santan sehingga asupannya perlu dibatasi.

  • Lontong Sayur.

Komposisi terbesar dari lontong sayur adalah santan, kandungan lemak jenuh dalam santan cukup tinggi, sehingga santan menjadi salah satu bahan makanan yang kurang ideal  untuk menjaga berat badan, serta kurang baik bagi kesehatan jantung, dan pembuluh darah. Batasi konsumsinya.

  • Nasi Goreng.

Porsi dalam mengkonsumi nasi goreng perlu diperhatikan. Dikarenakan kandungan lemak yang dihasilkan dari minyak goreng cukup tinggi.

  • Bubur Nasi

Karena bubur banyak mengandung air, maka kalori yang dikonsumsi tidak terlalu tinggi. Saat Anda mengkonsumsi bubur, maka Anda akan merasa lebih cepat kenyang namun cepat pula merasa lapar.

  • Roti Tawar Putih.

Roti tawar tergolong dalam makanan yang memiliki kadar indeks glikemik yang cukup tinggi. Ini berarti makanan ini dengan cepat bisa menaikkan kadar gula darah. Oleh sebab itu Anda harus pintar-pintar dalam memilih topping yang akan Anda gunakan sebagai pelengkap menyantap roti.

  • Nasi Pecel

Kandungan serat yang tinggi dalam sayur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memperlancar saluran pencernaan, dan dapat membantu memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan rendah kalorinya. Bumbu pecel sendiri terbuat dari kacang tanah yang tinggi akan protein.
Dengan mengatur pola makan untuk para Atlet (baik Sarapan, makan siang, makan malam, hingga snack) sangatlah mempengaruhi kinerja tubuh yg dapat menghasilkan perfoma yang baik untuk mencapai sebuah prestasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *