Aturan Diet Jantung untuk Penderita Penyakit Jantung

Aturan Diet Jantung untuk Penderita Penyakit Jantung

Aturan Diet Jantung untuk Penderita Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab tingginya tingkat kematian pada orang dewasa di dunia, Berbagai masalah dan gangguan yang dialami oleh jantung dan pembuluh darah paling banyak disebabkan oleh kebiasaan merokok, tidak melakukan olahraga rutin, serta sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Selain berolahraga bagi para penderita penyakit jantung di haruskan untuk menjalani pola makan yang baik dan benar. Disini kita akan bahas tentang aturan diet jantung untuk penderita penyakit jantung. Melakukan diet yang tepat bisa membantu pasien untuk memulihkan serta menunjang pengobatan jantung yang dilakukan. Makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh pasien penyakit jantung tentu saja harus diatur.

Diet jantung muncul untuk menunjang pengobatan pasien penderita penyakit jantung, tujuan diet jantung ini adalah

  • Menurunkan berat badan bila berat badan tersebut berlebih
  • Mencegah serta menghilangkan ederma, atau bengkak yang disebabkan oleh penimbunan garam atau air di dalam tubuh.
  • Memberikan makanan yang cukup dan sesuai kebutuhan

Apa saja yang harus di konsumsi untuk para penderita penyakit jantung ?

 

  • Cukup energi

 

Semua orang pastinya sangat membutuhkan energy, bagaimana tidak kita tidak akan bisa melakukan kegiatan atau apapun itu jika kita tidak memiliki energy dalam tubuh. Energi yang dibutuhkan penderita penyakit harus disesuaikan dengan kecukupan energinya. Sumber energi didapatkan dari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Kebutuhan karbohidrat pasien disesuaikan dengan kebutuhan yaitu sekitar 55 hingga 65% dari total kalori. Semua sumber karbohidrat boleh dikonsumsi, kecuali makanan yang mengandung gas dan alkohol seperti ubi, singkong, tape singkong, dan tape ketan

  • Boleh konsumsi lemak, tapi perhatikan jenisnya

Untuk penderita jantung bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi lemak, boleh tetapi harus di perhatikan jenisnya. Karena pada dasarnya semua makanan mengandung lemak. Penderita penyakit jantung sebaiknya diberikan 25-30% lemak dari total kalori yang dibutuhkan dalam sehari, dengan 10% yang berasal dari lemak jenuh dan 10-15% lemak tidak jenuh. Jika total kebutuhan kalori dalam sehari pasien sebesar 2000 kalori, maka lemak yang harus diberikan yaitu berkisar 55 hingga 66 gram lemak. Hindari juga makanan yang mengandung tinggi kolesterol seperti kerang, udang, susu full cream dll.

  • Serat yang cukup

Kebutuhan serat penderita penyakit jantung dalam sehari adalah sebanyak 25 gram. Sumber serat bisa didapatkan dari berbagai jenis sayur, buah, dan gandum. Untuk pasien yang sedang mengalami konstipasi atau sembelit maka kebutuhan seratnya akan lebih tinggi lagi dalam satu hari

  • Batasi garam

Bagi penderita jantung bukan berarti tidak boleh konsumsi garam sama sekali, konsumsi garam boleh tetapi harus di batasi. Untuk pasien yang mengalami edema (bengkak pada bagian tubuh akibat timbunan cairan) dan tekanan darah tinggi makan untuk garam yang di anjurkan yaitu sebanyak 2-3 gram per hari.

  • Makanan lain yang harus di hindari

Lebih baik untuk tidak mengonsumsi makanan serta minuman olahan yang sudah pasti mengandung banyak natrium di dalamnya. Selain itu, penderita penyakit jantung juga tidak diperbolehkan untuk minum teh/kopi kental, alcohol, dan minuman bersoda untuk bumbu masakan juga dianjurkan untuk menghindari bumbu-bumbu dapur yang memiliki rasa tajam seperti rasa pedas dan asam.

Nah itu dia tips aturan diet untuk penderita penyakit jantung, guys mulai sekarang sayangi jantung kita yuk jaga agar jantung tetap sehat dengan cara menjalani gaya hidup sehat.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *