protein-foods

Apa itu Protein ?

Protein adalah satu zat yang sangat diperlukan untuk tubuh, protein berasal dari bahasa yunani yaitu protos yang berarti “paling utama” ini merupakan senyawa organik kompleks yang berbobot molekul tinggi ini yang merupakan polimer dari monomer asam amino yang dihubungkan satu dengan yang lain dengan ikatan peptida. Molekul protein ini mengandung karbon,oksigen,hidrogen,nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor.

Kebutuhan protein pada yang beraktivitas berat tidak dapat disamakan dengan mereka yang memiliki aktivitas rendah-sedang. Sudah dibuktikan melalui penelitian bahwa kita harus mengkonsumsi sampai 2x lipat bahkan lebih untuk bisa menjaga massa otot. Terlebih lagi untuk membangun massa otot, tentu jauh lebih tinggi lagi keperluannya.

Untuk menjaga keperluan protein sehari-hari kalian bisa mengkonsumsi susu protein.  Ada Susu Protein untuk badan kurus (whey gainer), susu protein untuk badan ideal (whey blend), susu protein untuk badan yang mudah gemuk (whey isolate pure)

Petunjuk RDA untuk konsumsi protein adalah 0.8gr per kilo berat badan per hari. Jika berat badan Anda adalah 86Kg, maka anda membutuhkan sekitar 69gr protein

Atlit dan lifters yang khawatir akan performa atau tampilan fisik mereka memerlukan protein lebih banyak dari apa yang direkomendasikan oleh RDA. Jadi ini adalah sebuah mitos bahwa rekomendasi protein RDA cukup bagi hardcore lifters atau atlit.

Kita sudah mengetahui bahwa untuk setiap 1gr protein adalah sama dengan 4 kalorie. Jika berat badan kita adalah 86kg dan melakukan aktivitas berat maka kita juga sudah mengetahui bahwa kita memerlukan sekitar 258gr protein UNTUK MENJAGA MASSA OTOT, bukan membangun.

Kita mengetahui juga dalam setiap 100gr ayam, mengandung sekitar 27gr protein. Karena itu, dengan berat badan 86kg kita memerlukan sekitar 0.95kg ayam per hari untuk menjaga massa otot.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *