APA ITU BCAA

APA ITU BCAA

APA ITU BCAA

Seringkali kita mendengear kata BCAA tapi kita belum tau apa fungsi BCAA yang sebenarnya, fungsi BCAA pada umumnya adalah mengurangi kerusakan otot, meningkatkan cadangan glikogen otot, meningkatkan kesehatan, kekebalan badan, juga meningkatkan daya tahan otot.

BCAA sendiri terdiri dari leucine, isoleucine, dan valine. Yang menarik dari BCAA ini adalah bagaimana metabolismenya di dalam tubuh kita. Untuk pemecahan itu sendiri diatur oleh  sebuah enzim yang dinamakan BCAA dehydrogenase complex, kita singkat dengan nama BDC.

Intinya adalah semakin banyak kita memiliki BDC di dalam tubuh kita, maka tubuh akan mempercepat proses pemakaian BCAA tersebut di dalam tubuh, salah satu contohnya adalah saat ketika berolahraga, dengan kata lain ketika tubuhmu memiliki kandungan BCAA yang banyak di dalam tubuh, maka kandungan asam amino yang lain dapat kita maintain dengan baik.(perlu diingat bahwa tubuh kita tidak memiliki tempat untuk menyimpan asam amino, beda halnya dengan karbohidrat dan lemak).

Salah satu alasan kenapa suplementasi BCAA digemari adalah propertinya yang memiliki sifat untuk mengurangi rasa fatigue ketika kita berlatih. rasa fatigue sendiri yakni sensasi pegal-pegal dan capai , dan menurut wikipedia mengartikan nya sebagai xtreme tiredness  yang mengganggu aktivitas fisik jikalau dibiarkan terlalu lama. Nah BCAA ini memiliki property untuk mengurangi fatigue. fenomena ini biasa disebut dengan central hypothesis of fatigue.

Nah rasa fatigue ini sendiri diakibat akan peningkatan serotonin level di dalam otak kita, di mana hal ini diakibatkan oleh asam amino trypthopan , nah banyaknya trypthopan  ini meningkatkan level serotonin tersebut sehingga mengakibatkan fatigue, di mana dengan menkonsumsi BCAA mencegah hal ini dengan cara mereka berebut transporter yang sama(trypthopan dan BCAA memiliki jenis transportasi yang sama) dalam kata lain berebut, mana dulu yang lebih cepat menaikinya.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *