Atasi cedera saat latihan

3 Cedera Tersering Saat Latihan dan Cara Mengatasinya

3 Cedera Tersering Saat Latihan dan Cara Mengatasinya

Sebagai pecinta olahraga pasti kalian tidak lepas dari yang namanya cedera, mau kalian berolahraga sehebat apapun pasti cedera akan datang kapan saja apalagi kalau kita tidak hati – hati dalam melakukan olahraga. Disini kita akan bahas cedera apa saja sih yang sering saat latihan dan bagaimana cara mengatasi nya.  Banyak olahraga yang kalian banyak juga resiko cedera Kami coba rumuskan beberapa cedera yang paling sering dialami saat berolahraga seperti jalan kaki, berlari, hingga latihan beban. Selanjutnya, kami mengelompokkan jenis olahraga dan cedera-cedera yang mungkin terjadi beserta solusinya.

  • Terkilir

Cedera ini sangat sekali banyak di alami oleh banyak orang yang sering berolahraga biasanya terjadi pada semua bagian pergelangan tangan dan kaki. Kondisi ini terjadi karena kesalahan koordinasi tubuh, beban yang terlalu berat, atau bisa juga akibat kurangnya pemanasan. Tubuh yang berkeringat adalah indikasi bahwa otot, tulang tendon, ligamen, siap berolahraga. Saat latihan beban, cedera ini biasa terjadi ketika tumpuan tubuh kurang sempurna saat mengangkat beban, terutama jika beban yang diangkat terlalu berat. Ciri-ciri terkilir biasanya jika anda merasakan nyeri saat memutar pergelangan tangan dan kaki, atau ketika berada dalam posisi-posisi tertentu.

Nah bagaimana solusi cara mengatasi terkilir ?

Lakukan RICE ( Rest, Ice, Compression, dan Elevation) segera saat Anda di rumah. Jika rasa sakitnya hilang atau berkurang, artinya cedera Anda ringan. Tapi jika rasa nyerinya semakin menjadi dan terjadi pembengkakan, maka Anda harus segera ke ahli fisioterapis.

  • Kram otot

Kaki,tangan, dan otot bagian yang seringkali mengalami kram otot kram juga bisa terjadi akibat kurangnya pemanasan dan peregangan atau Anda mengangkat beban terlalu berat. Olahragawan yang rawan terkena kram adalah pesepeda, olahraga beladiri, pemain bola, dan lifter. Ciri kram otot biasanya mendadak biasanya daerah yang terkena susah digerakkan dan terasa sakit secara mendadak terkadang disertai benjolan otot yang abnormal.

Nah bagaimana solusi cara mengatasi kram otot ?

Yang perlu di lakukan pertama kali adalah istirahat, lalu minumlah air outih yang sudah di campur dengan garam ya memang rasanya sangat aneh seperti orang sakit gigi minum air putih pakai garam hehe tapi hal ini sangat bagus untuk mengatasi kram otot jika kalian tidak mau minum air garam coba dengan minum cairan elektrolit. Cara paling efektif mengatasi kram adalah dengan beristirahat total dan mengurangi beban latihan.

  • Sakit pinggang

Sering dialami oleh banyak orang terutama wanita pekerja kantoran yang selalu duduk dan jarang minum air putih apalagi kalian pecinta fitness yang sering melakukan olahraga duduk Penyebab sakit pinggang adalah beban yang berlebihan atau akumulasi beban dalam waktu lama

Ciri – ciri sakit pinggang kondisi ini biasanya memiliki munculnya rasa nyeri ketika menggerakkan pinggang baik saat membungkuk, menggerakkannya ke samping atau ke kiri.

Nah bagaimana solusi cara mengatasi sakit pinggang ?

Para ahli percaya pelapis bisa meningkatkan elastisitas jaringan otot, sekaligus mendorong aliran darah bersih menuju bagian tubuh yang sakit.

Ketika Anda tidak bisa menggunakan pelapis, baluri bagian yang sakit dengan obat gosok yang mengandung capsaicin-bahan yang membuat lada atau cabai menjadi pedas.

Sakit pinggang ketika berolahraga terutama akibat keteledoran anda saat mengangkat beban berat-deadlift misalnya.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *