Hindari kesalahan ini saat fitness by

Hindari kesalahan ini saat fitness by Ade Rai

Hindari kesalahan ini saat fitness by Ade Rai

• Terlalu lama berlatih

Berlatih fitness merupakan aktivitas yang membakar lemak,membutuhkan banyak tenaga dalam jumlah yang tidak sedikit dalam periode waktu yang cukup lama. Semakin lama latihan dilakukan, maka akan semakin kecil tenaga yang kita keluarkan dan alhasil akan mengurangi tingkat efektifitas latihan jika rasa lelah dating. Tidak sedikit para pencinta fitness yang memiliki asumsi bahwa semakin lama melakukan latihan fitness pada satu waktu maka akan mendapatkan hasil yg lebih baik, sebenarnya asumsi ini tidak 100% salah, namun pada kenyaaannya asumsi ini seharusnya diubah secepatnya.

 

Solusi : Cobalah untuk memangkas waktu latihan kalian. Buat jatah set inti terberat sekitar 6 sampai 9 set untuk otot kecil kalian, 9 sampai 12 set untuk otot besar kalian (tanpa menghitung waktu pemanasan). Pada umumnya juga bisa kalian sisihkan waktu sekitar 20 sampai 30 menit untuk otot kecil, 30 sampai 45 menit untuk otot besar (sudah termasuk waktu untuk pemanasan dan jeda antar set).

 

• Waktu berlatih yang terlalu cepat

Terlalu lama berlatih tidak baik, sebaliknya juga berlaku jika kalian berlatih terlalu cepat. Poin kedua ini juga tidak disarankan oleh Ade Rai karena termasuk dalam kesalahan fitness yang harus kita hindari. Dengan berlatih terlalu cepat maka secara otomatis kalian akan berlatih dengan tempo yang lebih cepat daripada latihan normal. Dengan ini maka latihan akan kurang efektif karena tempo repetisi akan teracak-acak karena kesan buru-buru. Hal ini bisa mengakibatkan cedera pada otot kalian, selain itu waktu istirahat antar set juga akan terpotong yang bisa mengakibatkan teknik gerakan menjadi berantakan.

 

Solusi : Mulailah berlatih dengan tempo repetisi yang baik. Dimulai dengan tempo 2 hitungan untuk gerakan positif dan 3 sampai 4 hitungan untuk gerakan negative. Jika memang tidak cukup waktunya, coba persingkat sesi latihan dengan kurangi jenis latihan atau jumlah setnya. Hindarilah memantul dengan momentum dalam setiap repetisinya, selain itu hal lain yang perlu dihindari adalah istirahat antar set yang terlalu pendek (sekitar kurang dari 1 menit) dikarenakan mengejar target kuantitas latihanmu.

• Teknik berlatih yang belum tepat

Setelah tahu tentang poin 1 dan 2 diatas, selanjutnya adalah tentang teknik latihan yang masih belum benar. Teknik latihan yang baik merupakan inti dan hal yang bisa menentukan hasil dari goal latihan kalian, jika kalian melakukan latihan fitness dengan teknik yang masih belum tepat, dipastikan hasil yang akan didapatkan kurang memuaskan pastinya.

 

Solusi : Perbaiki teknik latihan secepatnya. Berlatihlah dengan didampingi personal trainer atau sekedar mencari informasi valid seputar latihan yang ingin kalian lakukan di internet atau buku panduan latihan otot. Jangan pernah malu bertanya kepada mereka yang lebih mahir dibanding kalian.

 

• Tidak mempedulikan kondisi fisik sendiri

Tubuh manusia memiliki karakteristik per orangnya. Ada yang mempunyai tubuh dengan stamina lebih, ada juga yang memiliki tubuh dengan stamina yang lebih terbatas. Pada setiap detik, tubuh kalian mengirimkan pesan tentang kondisi tubuh ke otak untuk dipahami, dievaluasi,dan dipatuhi. Pahamilah tanda-tandanya sehingga kondisi fisik bisa kalian handle dengan baik khususnya ketika melakukan aktifitas fitness di gym. Jika kalian tetap gigih berlatih tanpa mempedulikan kondisi fisik maka resiko yang bisa kalian dapat adalah protes tubuh berbentuk rasa sakit atau bahkan menjadi cedera otot.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *